Tema : Diri Sendiri
Sub Tema : Identitas diri, Nama , Usia, Jenis, Anggota,
Ciri - Ciri Tubuh, Kesukaan
Semester / Minggu : I / I
Kelompok : B
Hari / Tanggal | Karakter | NAM | SE | Bahasa | Kognitif | FK | FH |
Senin | · Religius · Disiplin · Kreatif · Mandiri · Jujur · Bersahabat · Komunikatif · Toleransi · Tanggung Jawab | – Bercakap tentang macam-macam agama yang ada di Indonesia (1) | – Bermain peran | – Menirukan Kata (Tangan, badan, kaki, dll) (1) | – Menunjuk anggota tubuh ku dan menyebutkan fungsinya (1) | – Berjalan diatas papan titian (1) | – Menggambar bebas Anggota badan dengan krayon (25) |
Selasa | – Menyanyi Lagu “Aku“ (3) | – Menunggu giliran saat menyanyi lagu | – Tanya Jawab tentang anggota tubuh dan cirinya (6) | – Menghitung jumlah hari dalam 1 minggu (17) | – Meloncat dari ketinggian (2) | – Meronce kertas menjadi kalung | |
Rabu | – Berdo’a sebelum tidur ( 8 ) | – Bercerita tentang pengalaman | – Menirukan syair “Aku” ( 2) | – Memberi tanda √ pada gambar benda yang berat (19) | – Berdiri diatas satu kaki selama 10 detik (5) | – Memegang pensil dengan benar | |
Kamis | – Memberi tanda √ pada gambar anak yang berpakaian rapi (13) | – Cerita saat berangkat sekolah | – Menghubungkan gambar anggota badan dengan tulisan (12) | – Menirukan gambar tangan, kaki, kepala dan lain-lain (30) | – Menendang bola ke depan dengan terarah (15) | – Menggunting gambar kepala | |
Jumat | – Menyebutkan sikap yang baik terhadap orang tua (15) | – Cara membalas salam yang baik | – Menyebut huruf vokal pada kata Boneka (25) | – Menunjuk lambang bilangan 1-10 (35) | – Meniru senam (10) – Menimbang berat badan (58) | – Gradasi warna bentuk lingkaran (Kepala) | |
Sabtu | – Menyebut macam - macam kitab suci (Al-Quran, Injil, Zabur, Taurat) (6) | – Melaksanakan tugas sendiri sampai selesai. | – Menyanyi lagu dua mata saya (15) | – Menarik garis, gambar buah 3 dengan angka 3 (42) | – Mengukur tinggi badan (59) | – Finger Painthing |
Tema : Diri Sendiri
Sub Tema : Alat/macam indera, fungsi alat indera, macam-macam rasa
Macam perabaan.
Semester / Minggu : I / II
Kelompok : B
Hari / Tanggal | Karakter | NAM | SE | Bahasa | Kognitif | FK | FH |
Senin | · Religius · Disiplin · Kreatif · Mandiri · Jujur · Bersahabat · Komunikatif · Toleransi · Tanggung Jawab | – Tanya jawab tentang agama yang dianut (2) | – Bermain kelompok (berbisik kata) (2) | – Meniru kalimat :mata untuk melihat”, dll (3) | – Membedakan macam-macam bau (bunga, ikan, sabun), dll. (4) | – Berjalan mundur pada garis lurus (2) | – Menggambar ikan (26) |
Selasa | – Beryair mataku ciptaan Tuhan (4) | – Tanya jawab tentang macam-macam indera (23) | – Menyebut macam-macam rasa manis, pahit, asin. (13) | – Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya. Misal : cabe-pedas, dll. (26) | – Merayap seperti buaya (6) | – Mozaik gambar cabe (51) | |
Rabu | – Bermain peran dengan judul berkenalan (16) | – Bermain dengan teman (3) | – Menggambar dan menceritakan hasil yang digambar (26) | – Meniru lambang bilangan sesuai gambar. (39) | – Menangkapo bola (20) | – Menggambar DO menjadi Kepala (32) | |
Kamis | – Bercerita tentang tolong menolong (20) | – Berbicara dengan suara yang lemah (12) | – Mengucapkan sajak (19) | – Menghitung langkah waktu masuk ruangan (20) | – Bermain dengan simpai (8) | – Melipat topi (45) | |
Jumat | – Menyebutkan perbuatan baik dan buruk (membersihkan kuku, dll) (23) | – Mengikuti aturan permainan (15) | – Menceritakan pengalaman saat ulang tahun (16) | – Membuat urutan bilangan 1-20 pada gambar buah (36) | – Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah (24) | – Menggambar bebas (48) | |
Sabtu | – Menyebutkan tempat-tempat ibadah (5) | – Mewarnai gambar “anak minum air: (10) | – Bercakap-cakap tentang fungsi indera (7) | – Membedakan kasar, halus misal : gelas dan keranjang (19) | – Bergantung Pada Tangga setengah lingkaran (4) | – mencetak gambar dengan jari (28) |
Tema : Diri Sendiri
Sub Tema : Macam - macam pembauan., Macam - macam Suara, Macam - macam penglihatan
Semester / Minggu : I / III
Kelompok : B
Hari / Tanggal | Karakter | NAM | SE | Bahasa | Kognitif | FK | FH |
Senin | · Religius · Disiplin · Kreatif · Mandiri · Jujur · Bersahabat · Komunikatif · Toleransi · Tanggung Jawab | – Tanya jawab bagaimana carea menjaga kebersihan (26) | – Membalasa salam dari Bu Guru (11) | – Melakukan 3 perintah, ambil bunga, dicium, meletakkan di atas meja (1) | – Mengelompokkan atau memberi tanda √ pada gambar yang mempunyai bau wangi | – Meloncat dari papan titian (3) | – Menggambar bunga (26) |
Selasa | – Menyanyi lagu bernuansa islam “Solawat Nabi“ (3) | – Berbagi dengan teman / bercakap-cakap sikap terpuji (5) | – Meniru suara adik menangis (8) | – Menyebut perbedaan suara lembut dan suara lengking (3) | – Naik sepeda dengan seimbang tanpa jatuh (2) | – Menggunting gambar matahari (45) | |
Rabu | – Menyapa teman dengan suara lembut (12) | – Senang melakukan kegiatan (10) | – Membuat sajak “Bungaku” | – Memberi tanda = dan ≠ pada gambar (18) | – Berlari sambil melompat dengan seimbang (6) | – Mencocok gambar orang (31) | |
Kamis | – Bersikap baik saat bermain (24) | – Melakukan tugas kelompok (1) | – Memberi keterangan tentang keadaan (siang, malam) ( 17) | – Mencium macam-macam bau (tempe, bunga, minyak telon. dll) (4) | – Memanjat tanga setengah lingkaran (4) | – Kolase gambar bunga (50) | |
Jumat | – Meniru bacaan niat solat (9) | – Berbicara dengan suara lembut (8) | – Menyebut kata yang mempunyai huruf awal yang sama (Mata, Malu) | – Menghubung lambang bilangan dengan gambar (38) | – Melambungkan dan menangkap bola (18) – Pemeriksaan kesehatan rambut, telinga, mata dan gigi ( 61) | – Mencap gambar kepala (28) | |
Sabtu | – Menyebutkan Agamanya sendiri (2) | – bercakap - cakap lantang suara yang lembut, menyaring dan, melengking ( 23) | – Mempunyai lagu “taman, bungaku” | – Meniru gerakan mencari sesuatu dengan mata tertutup (10) | – Berjalan mundur sambil (membawa beban) (2) | – Mozaik gambar bunga (47) |
Tema : Lingkunganku
Sub Tema : Anggota keluarga - kebiasaan dalam keluarga
Tata tertib dalam keluarga - Bintang Peliharaan
Fungsi dan Tugas tiap anggota Keluarga
Semester / Minggu : I / IV
Kelompok : B
Hari / Tanggal | Karakter | NAM | SE | Bahasa | Kognitif | FH | FK |
Senin | · Religius · Disiplin · Kreatif · Mandiri · Jujur · Bersahabat · Komunikatif · Toleransi · Tanggung Jawab | – Bersyair “ Ayah” Bunda” (4) | – Melaksanakan tugas mewarnai gambar keluarga bersama - sama (1) | – Mengulang kalimat (“Saya sayang Ayah dan Ibu”) – Ibu memasak di dapur (4) | – Menceritakan sendok di masukkan ke dalam air (tenggelam) – “ Membuat teh manis” | – Menggambar ayah, Menggabar Ibu, Menggambar Anak (27) | – Berdiri dengan tumit diatas satu kaki dengan seimbang (5) |
Selasa | – Menyebutkan Al quran Kitab Suci ku (7) | – Bercerita tentang kebiasaan Ibu di rumah (5) | – Berani bertanya “Bu Guru mempunyai binatang apa di rumah (10) | – Merencanakan permainan baru bersama-sama (5) | – Menggambar Kucing dan Ayam (26) | – Berjalan mundur dengan satu kaki (2) | |
Rabu | – Berbuat baik terhadap satu keluarga – Memberi warna merah terhadap anak yang patuh (10) | – Tidak marah pada orang tua, jika meminta sesuatu tidak dibelikan (8) | – Bercerita tentan tata tertib di dalam keluarga (14) | – Bermain peran, ayah, Ibu, Anak | – Mencetak dengan pelepah pisang gambar Ibu (28) | – Berlari rintangan dengan jarak 5m (6) | |
Kamis | – Mengucapkan terima kasih telah dibawakan oleh - oleh dari Ibu / Ayah (14) | – Mengucapkan salam saat bertemu keluarga ( 11) | – Menyanyikan lagu “One And One“ | – Mengerjakan Maze : Ayah pergi ke kantor (13) | – Menyusun Menara (44) | – Menggelindaingkan simpai (8) | |
Jumat | – Memperingati hari besar agama (29) | – Cerita tentan menjenguk keluarga (18) | – Menghubungkan gambar ayah dengan tulisan ayah dst ( 29) | – Menggambar D dengan topi petani menggambar dengan gambar tahu (25) | – Membati Jari (55) | – Berjalan degan satu kaki (gijek) (5) – Menimbang berat badan (58) | |
Sabtu | – Bersyair “ Adikku Sayang “ | – Membantu menyapu di rumah (24) | – Membaca cerita kebiasaan di rumah (33) | – Menggubungkan angka 1-10 dengan tulisan 1-10 (41) | – Menggambar sapu (27) | – Berjalan ke kanan dan kekiri – Makan-makanan yang mengandung gizi seimbang (62) |
Tema : Lingkunganku
Sub Tema : Guna Rumah, Macam-macam rumah, dari Pembuatannyaa, Jenis-Jenis Rumah, Bagian- bagian rumah, alat dan perkakas di dalam rumah, Lingkungan Rumah
Semester / Minggu : I / V
Kelompok : B
Hari / Tanggal | Karakter | NAM | SE | Bahasa | Kognitif | FH | FK |
Senin | · Religius · Disiplin · Kreatif · Mandiri · Jujur · Bersahabat · Komunikatif · Toleransi · Tanggung Jawab | – Menyebutkan tempat ibadah agama Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Khonghucu (5) | – Berbicar lemah lembut terhadap ayah, Ibu, nenek, kakek (12) | – Menaati aturan dalam keluarga (5) | – Mengelompokkan perkakas di rumah (2) | – Menggambar rumahku | – Berdiri dengan tumit di atas satu kaki dengan seimbang secara bergantung (5) |
Selasa | – Menyapa teman bila bertemu : menyapa guru bila di sekolah (12) | – Mau meminta maaf bila melakukan kesalahan dalam keluarga (17) | – Tanya Jawab tentang macam-macam rumah (7) | – Membuat bendera merah putih dari kertas (5) | – Menggambar rumah dari bentuk Lingkaran, Segiempat, bujur sangkar dengan rapi (31) | – Memasukkan bola ke gawang (15) | |
Rabu | – Mau meminta maaf bila bersalah dalam keluarga (17) | – Tolong Menolong di rumah ( | – Menyebutkan suku kata awal sama rumah, rukun, kayu, kaca, dll (11) | – Tanya Jawab tentang membuat rumah (7) | – Meronce dengan sedotan & manik - manik (32) | – Bermain Kucing dan Tikus(16) | |
Kamis | – Menolong membersihkan rumah (20) | – Kerja Bakti di rumah (menjaga kebersihan rumah) (26) | – Menghubungkan tulisan rumah, dengan gambar rumah, pintu dengan gambar pintu | – Menyusun Puzzle gambar rumah (14) | – Menciptakan rumah dari lidi (39) | – Berdiri dengan tumit di atas satu kaki dengan seimbang secara bergantiang (5) | |
Jumat | – Memberi tanda √ pada anak yang menata perkakas di rumah (23) | – Berbicara dengan lunas lembut pada ayah,Ibu, nenk, kakek (12) | – Menyebutkan nama benda : sama, sapu, sulak (27) | – Mengelompokkan bola- bola sesuai dengab bentuknya (24) | – Mewarnai gambar alat - alat di dalam rumah (54) | – Memasukkan bola ke gawang (15) – Menimbang berta badan(58) | |
Sabtu | – Tidak mencoret-coret dinding rumah (26) | – Mau meminta maaf bila melakukan kesalahan dalam keluarga ( 17) | – Membaca gambar rumah di lihat dari pembuatannya:Ijuk, Kayu , Bambu dll (30) | – Membuat pola Jendela , pintu, atab, dll (31) | – Menggambar bentuk rumah (25) | – Bermain Kucing dan Tikus (16) – Mengukur tinggi badan (59) |
Tema : Lingkunganku
Sub Tema : Kegunaan Sekolah, Gedung & Halaman Sekolah
Orang - orang yang ada di sekolah
Semester /Minggu : I / VI
Kelompok : B
Hari / Tanggal | Karakter | NAM | SE | Bahasa | Kognitif | FH | FK |
Senin | · Religius · Disiplin · Kreatif · Mandiri · Jujur · Bersahabat · Komunikatif · Toleransi · Tanggung Jawab | – Menyebutkan agama yang ada di Indonesia (1) | – Melaksanakan tugas yang diberikan guru (21) | – Menirukan Kalimat penggunaan sekolah “ Sekolah tempat belajar”(3) | – Membuat Kegiatan di dalam Kelas (membersihkan perabot Sekolah) (K) | – Menggambar bebas yang ada di linkungan sekolah (25) | – Memanjat pada tangga Majemuk (4) |
Selasa | – Menyanyikan Lagu “Selamat Pagi “ (3) | – Memberi tanda √ pada anak yang datangnya tepat waktu (13) | – Apa saja alat yang ada di dalam kelas (7) | – Bermain Peran sebagai guru (9) | – Membentuk gedung sekolah dengan plastisin (38) | – Merayap di dalam Ban – Merangkak di halaman sekolah (7) | |
Rabu | – Menyebutkan Kitab suci Agama Islam dan Agama Hindu (6) | – Tidak boleh makan di dalam kelas – Memakai seragam lengkap (14) | – Anak - anak bercerita tentang gambar disekolah yang mereka buat sendiri (14) | – Mengapa perlu sekolah ? – Mengapa kita bau? (6) | – Membuat bunyi dengan botol Aqua (42) | – Menendang bola ke belakang (15) | |
Kamis | – Mewarnai gambar anak yang berpakaian rapi (13) | – Menghibur teman yang susah (17) | – Menghubungkan alat - alat mainan di luar kelas denga tulisannya /912) | – Mencari jejak anak berangkat kesekolah (13) | – Menggambar gedung sekolah (48) | – Mencuci piring dan gelas setelah di gunakan (21) | |
Jumat | – Cerita tentang Kejujuran (19) | – Mau berbagi dengan teman (20) | – Menyanyikan lagu “ Jika ku sekolah “ (15) | – Mengelompokkan bentuk 3 dimesnsi yang berbentuk persegi (papan tulis, meja) – Mengelompokkan benda 3 dimensi yang berbentuk ligkaran ( jam, bola ) (24) | – Menganyam tikar dari kertas/ daun pisang (34) | – Buang air di kamar mandi (22) – Periksa kesehatan rambut, telinga, mata dan gigi (61) | |
Sabtu | – Menyebutkan hari besar Agama Islam (28) | – Melaksanakan tugas yang diberikan Guru (21) | – Menghubungkan gambar sekolah dengan tulisan sekolah – Mengubungkan gambar pagar dengan Tulisan Pagar – Menghubungkan gambar guru dengan tulisan Guru (29) | – Mengurutkan gambar penggaris dari yang tinggi ke rendah dengan memberi angka (34) | – Menggambar bebas yang ada di lingkungan sekolah (25) | – Memanjat pada tangga lengkung (4) – Makan-makanan yang mengandung gizi yang seimbang taman gizi |
Tema : Lingkunganku
Sub Tema : Alat di sekolah dan gunanya , tata tertib sekolah
Lingkungan sekolah, perayaan PHBN
Semester / Minggu : I / VII
Kelompok : B
Hari / Tanggal | Karakter | NAM | SE | Bahasa | Kognitif | FK | FH |
Senin | · Religius · Disiplin · Kreatif · Mandiri · Jujur · Bersahabat · Komunikatif · Toleransi · Tanggung Jawab | – Menyebutkan kitab suci yang di anut (7) | – Mau meminjamkan pensil pada teman (4) | – Melakukan tigas perintah ( ambil kapur, buku, letakkan di tempat nya (1) | – Menunjukkan benda yang ada di kelas beserta gunanya (1) | – Berjalan maju di atas papan titian (5) | – Meniru garis tegak dan datar menjadi gambar tas (27) |
Selasa | – Berdoa sebelum berangkat sekolah (doa keluar rumah) (8) | – Sabar menunggu giliran waktu bermain (7) | – Menjawab pertnyaan tentang alat ayang ada di kelas( 6) | – Mengelompokkan alat - alat sekolah (2) | – Naik sepeda roda dua zig -zag (8) | – Mencocok gambar tas (29) | |
Rabu | – Tata cara menghormati orang tua (15) | – Datang kesekolah tepat waktu (13) | – Mengelompok kan kata yang sejenis (Kapur, pensil, buku) (13) | – Menyebut nama - nama bulan (17) | – Meniru gerakan pohaon yang tertiup angin (12) | – Menggambar alat-alat di sekolah (29) | |
Kamis | – Menyebutkan hari-hari besar agama Islam (28) | – Bercakap - cakap tentang tata tertib di sekolah (14) | – Melengkapi kalimat misal cuci tangan sebelum (20) | – Menyusun alat sekolah dari besar sampai yang kecil (32) | – Melempar bola sambil memutar badan (20) | – Permainan warna (43) | |
Jumat | – Meniru Gerakan solat (9) | – Tidak Boleh makjan waktu kegiatan belajar mengajar(15) | – Mengucap syair lagu “terima kasih guruku“ (34) | – Menghitung gambar dengan memberi angka yang sesuai (1-20) | – Cuci tangan setelah makan (21) – Makan-makanan yang mengandung gizi seimbang (62) | – Membatik gambar karpet (55) | |
Sabtu | – Memberi tanda x gambar anak yang mengganggu orang yang sedang solat (30) | – Memuji teman yang menang dalam perlombaan (27) | – Bercerita tentang tata tertib di sekolah (16) | – Meniru pola segi empat menjadi gambar buku | – Melakukan permainan petak umpet(16) – Periksa kesehatan rambut, mata, dan gigi (61) | – Menggunting dengan pola zig zag (49) |
Tema : Kebutuhanku
Sub Tema : Manfaat makan dan Minuman, Jenis makanan dan minuman, Alat makan, Tata cara makan
Semester / Minggu : I / VIII
Kelompok : B
Hari / Tanggal | Karakter | NAM | SE | Bahasa | Kognitif | FK | FH |
Senin | · Religius · Disiplin · Kreatif · Mandiri · Jujur · Bersahabat · Komunikatif · Toleransi · Tanggung Jawab | – Bersyair empat sehat lima sempurna (4) | – Membersihkan meja (1) | – Melakukan 3-5 kata secara berurutan (3) – Makanlah 3 kali sehari agar sehat | – Mengungkapkan manfaat makanan (1) | – Berjalan kesamping masuk ruang kelas (2) | – Menggambar makanan 4 sehat 5 sempurna (25) |
Selasa | – Berdo’a sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan (8) | – Mau berbagi Makanan dengan teman (5) | – Tanya jawab tentang manfaat makanan dan minuman (10) – Mengulang kalimat (4) (Nasi berasal dari padi) | – Mengelompokkan benda- benda untuk makan (3) | – Meloncat dengan ketinggian 40 cm (3) | – Melipat bentuk serbet (30) | |
Rabu | – Selalu mengucapkan terima kasih jika menerima sesuatu (14) | – membantu ibu membereskan alat makan setelah dipakai (6) | – Menyanyi “4 sehat, 5 sempurna” | – Mengelompokkan sayuran dan buah-buahan (25) | – Berdiri diatas satu kaki mengangkat tumit dengan seimbang (4) | – Mencocok gambar apel (31) | |
Kamis | – Mendengar teman bercerita (16) | – Mau membagi jajan dengan temannya yang bekalnya ketinggalan (8) | – Menceritakan kebiasaan sebelum dan sesudah makan (23) | – Membuat gambar gelas dengan bentuk geometri (27) | – Berlari sambnil membawa sendok yang berisi kelereng (5) | – Meronce batang ketela (33) | |
Jumat | – Mau memohon dan memberi maaf (17) | – Menghibur teman dengan memberi jajan pada temannya (17) | – Membuat gambar dan coretan tentang jenis-jenis makan (26) | – Mengungkap sebab akibat mengapa kita lapar dan kenyang (6) | – Mengekpresikan gerakan makan dan minum (9) | – Periksa kesehatan, rambut, telinga, mata dan gigi (61) – Makan-makanan yang mengandung gizi seimbang / taman gizi | |
Sabtu | – Menyebutkan mana yang salah dan yang benar (21) | – Mencuci gelas dan piring setelah makan (24) | – Membaca buku cerita bergambar sederhana (33) | – Membilang dengan benda-benda sampai 20 – (alat - alat makan) (36) | – Menangkap bola bersama-sama | – Mewarnai gambar keranjang (53) |
Tema : Kebutuhanku
Sub Tema : Persyaratan Makan, sehat, bersih, Memask tidak basi, alat - alat makan dan minuman
Piring, sendok, gelas, Tata cara menyajikan makanan / miunuman dimeja makan , Manfaat pakaian dan jenis - jenis pakaian
Semester / Minggu : I / IX
Kelompok : B
Hari / Tanggal | Karakter | NAM | SE | Bahasa | Kognitif | FK | FH |
Senin | · Religius · Disiplin · Kreatif · Mandiri · Jujur · Bersahabat · Komunikatif · Toleransi · Tanggung Jawab | – Menyebutkan tempat ibadah sesuai agama yang dianutnya (5) | – Membantu teman yang sedang membuka bekal tidak bisa (6) | – Mengambil peralatan makanan sendiri (4) | – Mengisi gelas dengan teh penuh dan ½ gelas (12) | – Berjalan sambil membawa teh digelas (2) | – Menggambar piring dan sendok (25) |
Selasa | – Menyebutkan nama kitabnya (6) | – Senang ketika mendapat makan waktu makan bersama (9) | – Mengelompokkan gambar kapi, dan topi, tisu dan susu ( 9) | – Memasangkan gambar sesuai dengan pasangannya (26) | – Berjalan dengan tumit masuk kelas (5) | – Melipat baju sederhana (30) | |
Rabu | – Mengucapkan salam bila bertemu (13) | – Tidak berbicara di meja makan (12) | – Manfaat makanan bagi tubuh kita ( 10) | – Mengurutkan gambar baju, celana dan rok | – Memantulkan dan menangkapo bola kecil diam di tempat atau sambil berjalan (17) | – Mencocok bentuk kemeja (31) | |
Kamis | – Mau meminta maaf dan memberi maaf jika bersalah (16) | – Bersikap sopan dalam situasi makan (14) | – Menulis nama sendiri ( 15) | – Mencocok bilangan dengan lambang bilangan 1-20 (42) | – Mengukur kepala dan lingkar lengan (60) | – Menulis minum (47) | |
Jumat | – Kegiatan hari raya Idul Adha (24) | – Merapikan alat makan selesai digunakan (16) | – Mendengar dan bercerita ketika memakai baju pesta (16) | – Mengenal angka dari 1-20 (44) | – Periksa kesehatan rambut, telinga, mata dan gigi ( 61) | – Mewarnai gambar gaun Pesta (53) | |
Sabtu | – (Menjelaskan sikap yang baik jika ada orang beribadah (29) | – Dapat menerima kritik (22) | – Menghubungkan gambar dengan kata (29) | – Memasangkan gambar sesuai dengan pasangannya (26) | – Berjalan dengan tumit masuk kelas (5) | – Menggambar piring dan sendok (25) |
Tema : Kebutuhanku
Sub Tema : Cara memakai pakaian yang benar dan yang salah, Jenis pakaian (celana, baju, singlet, dll),Penggunaan pakaian sesuai sikon, Pakaian Daerah (baju bodo, baju kurung,kebaya), dll.
Semester : I / X
Kelompok : B
Hari / Tanggal | Karakter | NAM | SE | Bahasa | Kognitif | FK | FH |
Senin | · Religius · Disiplin · Kreatif · Mandiri · Jujur · Bersahabat · Komunikatif · Toleransi · Tanggung Jawab | – Menyebut agama yang dianut anak (2) | – Bekerjasama dengan teman saat bermain balok (2) | – Melakukan 3 perintah : ambil baju, pakai dan dahulukan yang kanan lalu kancingkan (1) | – Mengelompokkan jenis-jenis pakaian (baju tidur, seragam, pesta, dll) (2) | – Berlari sambil melompati kardus dengan seimbang (6) | – Mencetak gambar kebaya dengan jari (28) |
Selasa | – Berpakaian seragam jika kesekolah (13) | – Sabar ketika mau mengganti baju renang (7) | – Menirukan kalimat “pakaian untuk melindungi tubuh” (3) | – Mengungkapkan sebab akibat mengapa kita harus pakai jaket (6) | – Mengekspresikan gerakan sesuai dengan lagu “pundak lutut kaki” (11) | – Meniru membuat garis menjadi gambar seragam sekolah (29) | |
Rabu | – Memberi tanda √ pada gambar anak yang berpakaian benar dan tanda X pada yang salah (21) | – Tidak menangis ketika teman-temannya sudah selesai mengerjakan tugas (8) | – Tanya jawab tentang jenis-jenis pakaian (10) | – Mengisi mangkok, piring, lepek dengan beras (22) | – Melambungkan dan menangkap kantong biji sambil berjalan (18) | – Menciptakan bentuk celana dari kkepingan geometri “menjahit jelujur gambar baju pesta (37) | |
Kamis | – Menunjuk cara berpakaian yang benar disaat musim hujan (22) | – Berbicara dengan sopan dengan orang tua (12) | – Menyebutkan jenis-jenis pakaian ke sekolah (13) | – Memberi tanda D pada gambar baju pesta, O baju adat, baju seragam sekolah. (24) | – Memantulkan bola kecil sambil melangkah (19). – Menimbang berat badan (58) – mengukur tinggi badan (59) | – Menyusun menara kubus menjadi bentuk lemari (44) | |
Jumat | – Membantu teman membersihkan pakaian yang kena kotoran (24) | – Tidak berlari-lari didalam kelas (15) | – Menghubungkan tulisan kaos, celana, rok dan kemeja dengan simbol yang melambangkannya (32) | – Membuat urutan bilangan 1-10 dengan gambar kaos dalam (38) | – Makan makanan yang bergizi seimbang / taman ggizi (62) | – Makan bersama (62) | |
Sabtu | – Berpakaian seragam jika ke sekolah (13) | – Memuji hasil karya teman dalam mencetak (28) | – Membaca buku cerita “pakaian adat” (33) | – Memasangkan bilangan dengan gambar pakaian yang sesuai jumlahnya (41) | – Membuang bungkus permen ketempat sampah (24) | – Periksa kesehatan rambut, telinga, mata dan gigi (61) |
Tema : Kebutuhanku
Sub Tema : Manfaat kesehatan dan kebersihan. Cara memelihara kebersihan/kesehatan. Alat-alat kebersihan.
Akibat hidup tidak sehat. Macam-macam penyakit yang ditimbulkan tidak memelihara kesehatan/kebersihan. Cara mencegah bahaya benda/obat.
Semester : I / XI
Kelompok : B
Hari / Tanggal | Karakter | NAM | SE | Bahasa | Kognitif | FK | FH |
Senin | · Religius · Disiplin · Kreatif · Mandiri · Jujur · Bersahabat · Komunikatif · Toleransi · Tanggung Jawab | – Menyanyi lagu “Rukun Islam” (3) | – Melaksanakan tugas kelompok dalam bermain peran (1) | – Menirukan 4 urutan kata “sapu, kemoceng, serbet, sikat gigi” (2) | – Menunjukkan benda yang digunakan untuk membersihkan ruangan (1) | – Berjalan dengan tumit sambil membawa sapu (1) | – Menggambar bentuk dokter (27) |
Selasa | – Berdo`a sebelum minum obat (8) | – Mentaati aturan dalam bermain tikus dan kucing (16) | – Tanya jawab tentang manfaat mandi (6) | – Bermain peran “Kebersihan Kelas” (9) | – Merangkak menirukan adik (7) | – Mencocok gambar sapu (31) | |
Rabu | – Menirukan gerakan berwudhu (9) | – Menolong teman yang sakit gigi (19) | – Menyebutkan suara orang mandi, gosok gigi dan menyapu halaman (8) | – Memberi tanda = dan ≠ pada gambar kemoceng, sikat gigi, sapu, sabun. (18) | – Senam fantasi menirukan orang sakit (12) | – Menciptakan alat perkusi dari botol obat (41) | |
Kamis | – Berbicara yang sopan dengan guru (11) | – Menjawab pertanyaan mengapa baju harus disetrika (23) | – Bercerita tentang cara menjaga kebersihan tubuh (16) | – Memperkirakan urutan berikutnya : sabun, odol, sikat gigi, sabun, odol, sikat gigi, dst. (29) | – Menendang bola ke gawang (15) | – Memegang pensil dan menulis kalimat “Dokter mengobati orang sakit” (47) | |
Jumat | – Mau menyapa teman ketika bertemu di jalan (12) | – Memuji teman yang dapat menggambar (27) | – Mengucapkan syair lagu “Kebersihan dan Kesehatan” (34) | – Menyebut urutan bilangan 1-10 dengan lagu “Nama-nama angka” (35) | – Memantulkan bola kecil ke lantai (diam ditempat) (17) | – Periksa kesehatan rambut, telinga, mata dan gigi (61) | |
Sabtu | – Senang bermain dokter dokteran dengan teman (18) | – Tidak merobek hasil karya teman dalam mencocok (28) | – Menulis nama sendiri di buku kotak (36) | – Menyebut huruf vokal pada kata “Korek api, pisau, obat nyamuk” (43) | – Praktek gosok gigi (22) | – Makan-makan yang mengandung gizi seimbang/taman gizi (62) |
Tema : Binatang
Sub Tema : a. Jenis binatang/Macam-macam binatang : kesayangan, ternak, liar, serangga.
b. Makanan binatang : sapi, kambing, harimau, ayam.
Semester : I / XII
Kelompok : B
Hari / Tanggal | Karakter | NAM | SE | Bahasa | Kognitif | FK | FH |
Senin | · Religius · Disiplin · Kreatif · Mandiri · Jujur · Bersahabat · Komunikatif · Toleransi · Tanggung Jawab | – Menyebutkan agama islam (2) | – Antusias dalam menyanyikan lagu “Kelinciku” (10) | – Menirukan sapi, ayam, kambing, kelinci | – Mengamati benda-benda dengan kaca pembesar (4) | – Menirukan gerakan kelinci melompat (1) | – Menggambar bebas “Kelinci” (26) |
Selasa | – Menyanyi lagu “Kucingku telu” (3) | – Tiba disekolah tidak terlambat (14) | – Menirukan kalimat “Aku sayang kucing” (3) – Melingkari suku kata awal yang sama (9) | – Menunjukkan kejanggalan gambar “Kucing” (15) | – Merangkak menirukan kucing (7) | – Melipat bentuk kucing (30” | |
Rabu | – Menyebutkan masjid, gereja, wihara. (5) | – Mendoakan teman yang sakit (18) | – Mengelompokkan kata-kata ayam, bebek, angsa, burung (13) | – Mengungkapkan asal muka “Burung” (7) – Mengekspresikan gerakan “seekor anak burung” (10) | – Senam fantasi menirukan burung terbang (12) | – Mencocok gambar burung (31) | |
Kamis | – Menyebutkan Al-Qur`an, injil, dll (6) | – Melaksanakan tugas sendiri sampai selesai (21) | – Bercerita tentang serangga (18) – Menggambar bermacam-macam serangga (26) | – Membedakan benda yang tidak sama jumlahnya (18) | – Melambungkan bola dan menangkapnya (18) | – Mencetak dengan pelepah pisang gambar serangga (35) | |
Jumat | – Cerita menolong “Ayam yang sakit” (20) | – Tanya jawab tentang binatang kesayangan (23) | – Melanjutkan cerita tentang “Si Blirik” (24) | – Memasangkan binatang kesayangan dengan makanannya (26) | – Senam fantasi menirukan anak ayam berjalan (12) | – Membentuk bentuk ayam dengan plastisin (38) – Menimbang berat badan (58) – Mengukur tinggi badan (59) | |
Sabtu | – Mendengarkan dan memperhatikan teman bicara tentang binatang ternak (16) | – Memuji teman yang memberi makan kambing (27) | – Menulis nama binatang “Kambing katak” (32) | – Meniru pada kubus menjadi kambing (31) | – Merangkak meniru jalannya kambing (7) | – Menggunting gambar kambing (49) – Makan-makanan yang mengandung gizi seimbang/tambahan gizi |
Tema : Binatang
Sub Tema : Tempat hidup binatang : di air, di udara, di kandang
Perkembangbiakan binatang : dari telur sampai anak
Semester : I / XIII
Kelompok : B
Hari / Tanggal | Karakter | NAM | SE | Bahasa | Kognitif | FK | FH |
Senin | · Religius · Disiplin · Kreatif · Mandiri · Jujur · Bersahabat · Komunikatif · Toleransi · Tanggung Jawab | – Menyebutkan kitab suci Al-Qur`an (6) | – Bermain menirukan ikan berenang, kupu-kupu terbang (3) – Tidak boleh marah saat bermain dengan teman (8) | – Taat pada aturan permainan waktu bermain (5) | – Membedakan tempat hidup binatang di air, di udara. (!8) | – Meloncat dengan ketinggian 45cm (3) | – Menggambar binatang ikan (26) |
Selasa | – Berdoa bila petir muncul (8) – Bercakap-cakap cara menyapa teman yang baik (12) | – Menghibur teman yang sedih karena binatang kesayangan mati (17) | – Menyebutkan suara kucing, ayam, bebek, dll (8) | – Memasangkan binatang dengan tempat hidupnya (habitatnya) (26) | – Merangkak seperti kucing (7) | – Menirukan bunyi binatang kesayangan (41) | |
Rabu | – Mendengarkan teman bercerita tentang aquarium (16) | – Berani bertanya tentang tempat hidup binatang dan berkembangnya (23) | – Melingkari gambar ikan berkepala kupu-kupu (17) | – Memperkirakan urutan binatang yang hidup di air, udara, dan darat (29) | – Menirukan gerakan Tari Aruni (!4) | – Membuat bentuk ikan dengan daun pisang (35) | |
Kamis | – Senang bermain dengan teman (18) | – Tanya jawab mentaati aturan yang dibuat saat bermain dengan teman (16) | – Bersenandung lagu “Seekor anak burung” (14) | – Membedakan tempat hidup binatang di air, di udara, di tanah, di kandang (18) | – Meloncat dengan ketinggian 45cm (3) | – Melipat bentuk burung (30) | |
Jumat | – Tanya jawab tentang kejujuran (19) | – Bercakap-cakap tentang menolong teman yang susah (19) | – Menyebutkan ayam, itik, angsa, burung. (28) | – Memperkirakan urutan binatang yang hidup di air, udara, dan darat (29) | – Berjalan menirukan gerakan burung terbang (7) | – Menggunting gambar kkupu-kupu (49) | |
Sabtu | – Menghormati perayaan hari besar agama lain (32) | – Melaksanakan tugas mencari jejak kucing mencari tikus (24) | – Menceritakan tempat hidup binatang yang diketahjui anak-anak (31) | – Memasangkan binatang dengan tempat hidupnya (habitatnya (26) | – Melakukan permainan tiukus dan kucing (16) | – Mencampur warna : merah dengan kuning, dst (43) – Periksa kesehatan rambut, telinga, mata dan gigi (61) |
Tema : Bintang
Sub Tema : Bahaya Binatang : Mencakar, Mengigit, dll
Ciri - ciri Binatang : Kaki 2, 4 bertanduk, bersayap
Kegunaan Binatang : Daging di makan , bulu pembersih, sapi bajak sawah
Cacing gemburkan tanah, dll
Semester : I / XIV
Kelompok : B
Hari / Tanggal | Karakter | NAM | SE | Bahasa | Kognitif | FK | FH |
Senin | · Religius · Disiplin · Kreatif · Mandiri · Jujur · Bersahabat · Komunikatif · Toleransi · Tanggung Jawab | – Menyebutkan Nama - nama agama di Indonesia (1) | – Bicara yang sopan saat bertanya kepada Guru (12) | – Ambil kapur, gambar Binatang berkaki dua, sebut namanya, kembalikan kapur pada tempatnya (1) | – Mencari Binatang yang berkaki dua | – Berayun pada tangga majemuk (4) | – Menganyam dari kertas (34) |
Selasa | – Bersyair “ Dua ekor kelinci” | – Bertanggung Jawab atas tugasnya (24) | – Menyanyi lagu “ Kelinci (15) | – Mengenal binatang berkaki 2 dan berkaki 4(17) – Menyusun puzzle gambar kelinci (4) | – Lari Rintangan | – Membuat bentuk binatang Dari kain perca | |
Rabu | – Mau meminta maaf bila melakukan kesalahan pada teman (17) | – Dapat bekerja sama dengan teman waktu bermain (2) | – Mentaati aturan tentang bahaya Binatang (5) | – Menulis tulisan “ Binatang Buas”(15) | – Memasukkan bola ke gawang (15) | – Mewarnai gambar harimau (53) | |
Kamis | – Suka menolong binatang yang sakit (20) | – Mendoakan teman yang sakit (18) | – Cerita tentang bahaya bintang (23) | – Memberi tanda √ pada kelompok bintang buas (25) | – Memantulkan bola besar diam di tempat (17) | – Membuat bentuk bintang yang disukai dengan plastisin(38) | |
Jumat | – Tanya Jawab tentang cara menghormati perayaan agama (32) | – Tata cara menghargai orang lain / teman | – Cerita ciri - ciri binatang berkaki 2 (ayam) (14) | – Menunjuk bintang yang berkaki dua bersayap (21) | – Lari Rintangan (6) | – Tepuk tangan berirama 1,2,3 (42) | |
Sabtu | – Memberi tanda gambar yang benar dan salah | – Mau menerima saran saat mendekat pada binatang (22) | – Menyebutkan binatang yang suara awalnya sama ( hiu, harimau, singa, sungai) | – Memberi warna merah pada gambar binatang buas yang jumlahnya banyak (28) | – Memantulkan bola besar dengan memutar badan (19) | – Mozaik gambar hiu (51) – Menimbang berat badan (58) – Mengukur Tinggi badan (59) |
Tema : Tanaman
Sub Tema : Macam - macam Tanaman
Semester : I / XV
Kelompok : B
Hari / Tanggal | Karakter | NAM | SE | Bahasa | Kognitif | FK | FH |
Senin | · Religius · Disiplin · Kreatif · Mandiri · Jujur · Bersahabat · Komunikatif · Toleransi · Tanggung Jawab | – Menyanyi Lagu “Rukun Islam “(3) | – Sabar menunggu giliran ketika bermain lompat tali (7) | – Menirukan : Mangga, rambutan ,anggur dll (2) | – Mengerjakan maze “mencari pohon cabe”(13) | – Berjalan kesamping dengan membawa mangkok berisi biji- bijian | – Menggambar tanaman perdu (25) |
Selasa | – Menyebutkan kitab suci Al - Quran(7) | – Bercerita tentang tanaman yang ada dirumah (20) | – Bercakap -cakap tentang gambar seri cara merawat tanaman (7) | – Bermain mengisi wadah dengan biji asam (23) | – Berdiri dengan 1 kaki (9) | – Mencetak dengan jari jempol (28) | |
Rabu | – Menyiram Tanaman didepan rumah (10) | – Mau menerima ketika di ingatkan guru tentang kebiasaan kurang baik (22) | – Menirukan suku awal sama sawi, sawo, dll (11) | – Memasangkan anggur dengan pohon anggur, terong dengan tanaman terong (26) | – Naik sepeda roda 2 (9) | – Menirukan tulisan “TANAMAN “ (48) | |
Kamis | – Memberi tanda √ pada gambar Anak yang menyiram bunga, tanda x gambar anak yang merusak bunga (22) | – Pohon terong berbuah mangga atau sebaliknya (25) | – Menirukan “ rumput berwarna hijau “ (20) | – Menyusun gambar buah sesuai angka 1, 2 , 3 , 4 , 5, dari yang paling besar (34) | – Menirukan senam sehat ceria (11) | – Menganyam dengan daun pisang (34) | |
Jumat | – Bercerita tentang cara memelihara lingkungan (26) | – Mau memuji temannya (27) | – Menggambar dan bercerita tentang 2 gambar pohon yang sudah dibuatnya (22) | – Menyebutkan urain bilangan 1-20 (35) | – Senam fantasi meniru pohon mangga yang tertiup angin sepoin- sepoi dengan kencnag (12) | – Melipat , mencoret, dan menggunting kertas lipat, menjadi bentuk daun cabe (30) | |
Sabtu | – Pawai ta’aruf memperingati tahun baru Hijriyah (29) | – | – Membaca buku cerita, sederhana ( Cabe/ tomat) (33) | – Menunjuk angka 1-10 dengan permainan kartu angka (37) | – Priksa kesehatan rambut, telinga, mata dan gigi (61) | – |
Tema : Tanaman
Sub Tema : Fungsi Tanaman : di Makan ( Buah, sayur, sayuram dll)
Cara menanam tanaman
Semester : I / XVI
Kelompok : B
Hari / Tanggal | Karakter | NAM | SE | Bahasa | Kognitif | FK | FH |
Senin | · Religius · Disiplin · Kreatif · Mandiri · Jujur · Bersahabat · Komunikatif · Toleransi · Tanggung Jawab | – Syair buah Tomat (4) | – Mengerjakan menanam biji- bijian dalam satu kelompok(1) | – Menirukan “ Jagung ditanam dengan biji, singkong ditanam dengan batang (3) | – Menceritakan tentang pertumbuhan tanaman jagung, kacang, padi, dll (4) | – Memanjat bergantung dan berayun (4) | – Menggambar macam - macam buah (26) |
Selasa | – Tanya Jawab tentang menghormati orangtua (15) | – Berbagi cerita tentang menanam jagung dengan temannya (5) | – Menjawanb tentang macam- macam tanaman yang bisa dimakan & ditanam untuk hiasan (6) | – Mengungkapkan asal mula terjadinya nasi (7) | – Berlari sambil melompat (6) | – Menganyam dengan daun pisang, membuat tikar (34) | |
Rabu | – Mendengarkan teman bercerita tentang pengalaman menanam jagung (16) | – Senang mendapat bintang 4 (10) | – Menghubungkan tulisan jagung dengan gambar jagung (12) | – Bermain peran menjadi Pak Tani, yang menanam Padi di sawah. – Bermain peran menjadi Penjual bunga, – Bermain peran menjadi pedagang sayur di pasar (9) | – Menendang bola ke depan dan kebelakang (15) | – Menciptakan berbagai bentuk tanaman menggunakan Play dough / Tanah liat (38) | |
Kamis | – Eksperimen menanam jagung , kacang, padi pada gelas aqua (25) | – Bercakp -cakap tentang tata tertib saat melakukan eksperimen (14) | – Bercerita tentang pengalaman melihat Pak tani menanam Padi di sawh (18) | – Demonstrasi meniombang buah jambu dengan tumbangan sesungguhnya. ( 19). | – Lomba melambungkan dan menangkap kantong biji sambil berjalan. (18). | – Membuat berbagai bunyi dengan botol aqua yang berisi biji- bijian (42) | |
Jumat | – Memperingati hari besar agama (29) | – Menggambar pohon dan memuji gambar temannya. (SE.28) | – Bercerita tentang pak tani dan si kancil (B. 22). | – Membedakan berat tanaman jagung, padi, kacang dll. (K. 21). | – Kegiatan menggosok gigi (22) | – Mozaik gambar jagung ketela, bunga mawar dengan bentuk OD(51) | |
Sabtu | – Bercakap - cakap cara bergaul dengan teman yang beragama berbeda (31) | – Menghargai teman. (SE. 29) | – Membaca buku cerita macam-macam bunga ( 33). | – Memberitahu tanaman yang ditanam dengan biji, batang dan anak. (23) | – Membuat Alat perkusi dari gelas air mineral yang diisi biji asem (41) – Menimbang berat badan (58) | – |
Tema : Tanaman
Sub Tema : Cara Memelihara Tanaman : Disiram, dipupuk, dibersihkan
Bagian - bagian tanaman : akar, batang, ranting, daun, buah
Semester : I / XVII
Kelompok : B
Hari / Tanggal | Karakter | NAM | SE | Bahasa | Kognitif | FK | FH |
Senin | · Religius · Disiplin · Kreatif · Mandiri · Jujur · Bersahabat · Komunikatif · Toleransi · Tanggung Jawab | – Praktek Sholat Shubuh (9) | – Bermain permainan “ arah omponh “ – Bekerja sama membuat hiasan kelas (2) | – Melakukan perintah” ambil air dengan gayung, siramkan pada tanaman bunga - bunga(1) | – Menyebutkan & menceritakan perbedaan tanaman yang di rawat & tidak di rawat (3) | – Lomba Balap sepeda | – Membentuk bentuk- bentuk tanaman dari kertas (35) |
Selasa | – Tanya Jawab , Tata cara berbicara yang sopan (11) | – Main - main dengan teman | – Mengulang Kalimat “ Cara memelihara tanaman “ (dipupuk, disiram dll ) (4) | – Mengungkapkan sebab akibat mengapa tanaman bisa mati (6) | – Tari Lilin (10) | – Kolase gambar buah mangga, dengan ampas kelapa (50) | |
Rabu | – Bercerita Anak yang suka meminta maaf (17) | – Bercakap -cakap tentang bicara yang sopan dengan orang tua (12) | – Bertanya Tentang fungsi akar daun(10) | – Mengekspresikan gerakan sesuai lagu “ Bapak Tani (10) | – Bergerak bebas mengikuti irama lagu , macam- macam bunga (11) | – Melukis dengan berbagai Media membentuk tanaman pohon (57) | |
Kamis | – Bercakap - cakap anak yang suka menolonh (20) | – Tata cara menghibur teman yang sedih (17) | – Mengelompokkan bagian - bgaian tanaman (13) | – Menyusun kepingan puzzle gambar bunga Mawar(14) | – Senam Fantasi menirukan tanaman terkena angin ( sepoi - sepoi, kencang- kencang sekali) (12) | – Menimbang berat badan (58) | |
Jumat | – Menunjukkan perbuatan yang benar dan salah, pada gambar anak yang merawat & merusak tanaman (22) | – Berani bertanya dan menjawab pertanyaan (23) | – Menyanyi l;agu “ Melati Kenanga “ (15) | – Mengukur Panjangh Batang pohon ketela dengan jengkal (20) | – Membuang sampah setelah selesai makan (24) | – Mengukur tinggi badan (59) | |
Sabtu | – Menyiram Tanaman dengan air secukupnya (27) | – Melaksanakan kegiatan sampai selesai (24) | – Membuat sajak sederhana dengan judul “ Bungaku” | – Mengelompokkan gambar bagian - bagian tanaman (25) | – | – Periksa kesehatan, rambut, telinga, mata & gigi(61) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar