RPP
Satuan Pendidikan : SDN DAWUHAN LOR
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : V/II
Tema :Cahaya dan Sifatnya
Waktu : ….x 35 menit (1x pertemuan)
A. Standart Kompetensi:
Menerapkan sifat-sifaat Cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/ model
B. Kompetensi dasar:
Mendiskripsikansifat-sifat cahaya
C. Indikator:
Pertemuan I
a. Kognitif
Proses : Mendemonstrasikan percobaan yang menyelidiki sifat cahaya merambat lurus.
b. Afektif
Bertanya jawab dengan teman mengenai percoaan yang menyelidiki sifat cahaya merambat lurus
c. Psikomotor
Mendemostrasikan percobaan yang menyelidiki sifat cahaya merambat lurus
D. Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu mendemonstrasikan percobaan yang menyelidiki sifat cahaya merambat lurus
Siswa mampu mendemonstrasikan percobaan yang menyelidiki sifat cahaya Dapat menembus benda bening
Siswa mampu mendemonstrasikan percobaan yang menyelidiki sifat cahaya Dipantulkan
Siswa mampu mendemonstrasikan percobaan yang menyelidiki sifat cahaya Dibiaskan
Siswa mampu mendemonstrasikan percobaan yang menyelidiki sifat cahaya diuraikan
Siswa mampu member contoh peristiwa pembiasan dalam kehidupan sehari-hari
Siswa mampu menjelaskan pemantulan pada cermin (datar,cekung,cembung)
E. Materi Pokok:
Cahaya dan sifatnya
F. Metode:
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Kerja kelompok
Kerja individu
Pemberiantugas
Kegiatan laboratorium
G. Langkah –langkah kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan awal:
Apersepsi: Guru mengkondisikan kelas dengan presensi
Guru membuka pelajaran dengan ucapan salam, berdoa
Guru mengajak siswa untuk mempelajari sifat cahaya
Motivasi: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru mengaitkan pembelajaran dengan materi terdahulu yang masih berkaitan
2. Kegiatan inti:
Eksplorasi:
Guru menggali potensi siswa dengan cara menunjuk salah satu siswa untuk mendemonstrasikan percobaan yang menyelidiki sifat cahaya merambat lurus
Elaborasi:
Guru mendemostrasikan cara muda dalam menentukan sifat cahaya merambat lurus
Siswa diajak untuk mengamati percobaan yang menyelidiki sifat cahaya merambat lurus
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ketua kelompok melaporkan hasil diskusi dan guru mengevaluasi
Guru menanyakan tentang benda tembus cahaya setelah melakukan kegiatan
Murid melaporkan dan guru membimbing
Guru membuat kesimpulan
Siswa menerima lembar kerja individu
Siswa mengerjakan lembar kerja individu
3. Kegiatan Penutup:
Refleksi:
Siswa mengumpulkan lembar kerja individu
Tanya jawab tentang maateri
Guru member tugas
Pelajaran ditutup dengan berdoa
H. Alat,Sumber belajar, dan Media:
Buku IPA kelas V
Majalah, Koran
Internet dan sumber belajar lain yang relevan
I. Penilaian:
Jenis Test : tes tulis dan diskusi
Bentuk test : Subyektif dan obyektif
Alat penilaian : Soal tulis
Skor penilaian
Prosedur Penilaian : Penilaian proses
Bentuk instrument : Lembar kerja individu
Lembar kerja kelompok
Tinak lanjut : Lembar kerja individu
Perbaikan yang belum mencapai KKM
Pengayaan yang belum mencapai KKM
J. Lampiran-lampiran:
Ringkasan materi
Media gambar
Lembar kerja siswa
Evaluasi
Perbaikan pengayaan
Kunci latihan tugas kelompok dan mandiri
Lembar penilaian
Mengetahui
Kepala sekolah Guru kelas
SUBUR HANDOKO, S.Pd.M.M.Pd KRISTIANAH, S,Pd
NIP: 19621110 198303 1 021
NAMA : KRISTIANAH
NIM : 826107391
JUDUL PTK:
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DI SDN DAWUHAN LOR. PURWOASRI, KEDIRI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar